Minggu, 09 Februari 2020

Pemeriksaan Sulfat dengan SANITARIAN KIT

PENGUKURAN SAMPEL SULFAT (S3435.230)
Range : 0 - 1200 mg/l (Phot 32)
                                                                               
Pengujian Seng dalam air alami atau hasil pengolahan.
Sulfat umum dijumpai dalam banyak air alami.  Sulfat masuk ke dalam air hasil pengolahan melalui penggunaan bahan kimia seperti Alumunium Sulfat, Sodium Bisulfat (asam kering) dan Asam Sulfat.  Keberadaan Sulfat dalam kadar tinggi tidak diharapkan.

Dalam air industri yang mengandung Sulfat, lokalisasi karat pada pipa Besi, Baja dan Alumunium terjadi sebagai akibat dari kerja bakteri pereduksi Sulfat.  Bakteri ini menghasilkan Sulfida, penyebab timbulnya cekungan khas pada permukaan logam.

Kadar Sulfat yang tinggi dapat menyebabkan kerusakan beton bahan-bahan berbasis semen karena pembentukan Sulfoaluminat.  Inilah yang menjadi penyebab penggelembungan dan hancurnya semen.  Sulfat yang terkandung dalam air tanah dapat memengaruhi struktur beton dan pipa pada sistem distribusi air; dan dapat menyerang celah-celah keramik pada kolam renang yang menggunakan Natrium Bisulfit sebagai pengatur pH.

Metode
Pengujian Sulfat I didasarkan atas reagen dalam satu tablet yang mengandung Barium Klorida yang bersifat sedikit asam dalam formulasinya.  Garam-garam Barium bereaksi dengan Sulfat membentuk Barium Sulfat yang tidak larut.  Pada rentang kadar tertentu dalam sampel, kadarnya diketahui dari kekeruhannya.  Derajat kekeruhan berbanding lurus dengan kadar Sulfat dalam sampel dan dapat diukur dengan Photometer.

Alat dan Bahan :
1.       Siapkan Alat Photometer Inscienpro ZE-200
2.       Siapkan Tablet Sulphate Turb
3.    Tabung reaksi 10 ml

Prosedur Pengujian
1.       Siapkan tabung delution, masukkan sampel sampai batas x6, tambahkan Aquadest sampai batas atas x1
2.       Masukkan sampel yang sudah diencerkan sebanyak 10 ml, kedalam tabung reaksi 10 ml.
3.       Tambahkan 1 Reagent Sulphate Turb tablet. Hancurkan dan aduk hingga larut.
4.       Tunggu selama 5 menit
5.       Nyalakan Photometer ZE-200, dan pilih [Phot 32]. Masukan angka X6 pada pengenceran kemudian tekan tombol [OK], Jika pada layar LCD Photometer ZE-200 muncul dialog [Masukan Blanko].
6.       Masukkan Blangko yang berwarna jernih, tetapi sudah di masukkan dalam kit, kemudian letakkan pada tube Photometer ZE-200 untuk melakukan kalibrasi.
7.       Letakkan sampel yang tercampur dengan reagent tersebut kedalam tube Photometer ZE-200, jika telah di diletakkan maka tekan tombol [OK] untuk memulai pembacaanya.
8.       Layar LCD photometer akan menampilakan hasilnya mg/l SO4.
9.       Catat hasil untuk mendapatkan data pengukuran

Perhatian
Tablet Turb Sulfat masing-masing mengandung 20 mg Barium Klorida.  Tablet-tablet ini jangan termakan karena beracun.  Hindari kontak langsung dan cucilah tangan setelah penggunaannya

1 komentar:

Marsya mengatakan...

mari gabung bersama kami di Aj0QQ*co
BONUS CASHBACK 0.3% setiap senin
BONUS REFERAL 20% seumur hidup.