Minggu, 09 Februari 2020

Pemeriksaan Kekeruhan dengan SANITARIAN KIT


KEKERUHAN/TURBIDITY
Range 0 – 400 Turbidity Unit

PENGUJIAN KEKERUHAN PADA AIR ALAMI DAN OLAHAN
Kekeruhan merupakan parameter yang penting untuk karakteristik kualitas air. Kekeruhan disebabkan oleh hamburan cahaya oleh materi tersuspensi seperti tanah liat, lumpur, halus dibagi bahan organik dan anorganik. Sebuah pengetahuan kekeruhan memfasilitasi estimasi konsentrasi zat yang tidak terlarut.

Metode:
Kekeruhan air ditentukan photoelectrically menggunakan Photometer. Dalam banyak sampel kedua warna dan kekeruhan akan hadir. Dalam rangka untuk memisahkan efek dari kekeruhan dan warna, sampel dibandingkan terhadap sebagian disaring dari air yang sama.
Metode telah dikalibrasi terhadap luas diakui formazin solusi kekeruhan. Kekeruhan dinyatakan dalam Formazin kekeruhan Unit (FTU). Unit-unit ini secara luas setara dengan Jackson Turbidity Unit (JTU) dan Nephelometric Turbidity Unit (NTU).

Alat dan Bahan :
1.    Siapkan Alat Photometer Inscienpro ZE-200
2.    Tabung reaksi 10 ml

Prosedur Pengujian :
1.       Masukkan sample sebanyak 10 kedalam tabung reaksi 10 ml.
2.       Masukkan air aquadest sebanyak 10 ml kedalam tabung 10 ml sebagai Blanko.
3.       Nyalakan Photometer ZE-200, dan pilih [Phot 48]. kemudian tekan tombol [OK], Jika pada layar LCD Photometer ZE-200 muncul dialog [Insert Blank].
4.       Masukkan Blangko, kemudian letakkan pada tube Photometer ZE-200 untuk melakukan blanking.
5.       Letakkan sampel yang sudah disaring tersebut kedalam tube Photometer ZE-200, jika telah di diletakkan maka tekan tombol [OK] untuk memulai pembacaanya.
6.       Layar LCD photometer akan menampilakan hasilnya mg/l Pt.
7.       Catat hasil untuk mendapatkan data pengukuran


Catatan :
Lampu perisai opsional tersedia untuk digunakan dengan Photometer. perisai ini cocok di ruang pengujian dan mengurangi cahaya liar mencapai fotosel. Hal ini tidak perlu menggunakan perisai cahaya saat melaksanakan tes ini di dalam ruangan atau di bawah cahaya luar berbayang. Penggunaan perisai cahaya namun dianjurkan ketika pengujian untuk kekeruhan di bawah kondisi pencahayaan yang terang atau variabel.