Minggu, 09 Februari 2020

Pemeriksaan Warna dengan SANITARIAN KIT


WARNA/COLOUR
Range 0 – 500 mg/l Pt 0 – 500 mg/l Hazen Units

PENGUJIAN UNTUK WARNA PADA AIR ALAMI DAN OLAHAN
Air murni menunjukkan warna biru muda bila dilihat secara mendalam. Warna ini dapat dimodifikasi oleh kehadiran bahan organik, biasanya untuk warna kuning atau coklat. Perkiraan intensitas warna ini digunakan sebagai sarana sederhana pemantauan air alami dan air olahan

Metode :
Warna air ditentukan photoelectrically menggunakan Photometer. sampel harus disaring untuk menghilangkan padatan tersuspensi sebelum analisis untuk menentukan 'warna yang benar' karena materi terlarut.
Warna air dinyatakan menggunakan warna skala platinum / kobalt (Pt / skala Co). Setiap unit setara dengan warna yang dihasilkan oleh 1 mg / l platinum dalam bentuk asam kloroplatinat dengan adanya 2 mg / l Cobaltous chloride hexahydrate. Unit ini identik dengan unit 'Hazen', yang telah secara tradisional digunakan untuk mengekspresikan hasil dari estimasi visual warna air.

Alat dan Bahan :
1.       Siapkan Alat Photometer Inscienpro ZE-200
2.    Tabung reaksi 10 ml

Prosedur Pengujian :
1.       Masukkan sample sebanyak 10 kedalam tabung reaksi 10 ml.
2.       Masukkan Air Aquades sebanyak 10 ml kedalam tabung 10 ml yang berbeda sebagai blangko.
3.       Nyalakan Photometer ZE-200, dan pilih [Phot 47]. kemudian tekan tombol [OK], Jika pada layar LCD Photometer ZE-200 muncul dialog [Insert Blank].
4.       Masukkan Blangko yang berwarna jernih, tetapi sudah di masukkan dalam kit, kemudian letakkan pada tube Photometer ZE-200 untuk melakukan kalibrasi.
5.       Letakkan sampel yang sudah disaring tersebut kedalam tube Photometer ZE-200, jika telah di diletakkan maka tekan tombol [OK] untuk memulai pembacaanya.
6.       Layar LCD photometer akan menampilakan hasilnya mg/l Pt.
7.       Catat hasil untuk mendapatkan data pengukuran

Catatan :
Sampel yang mengandung kotoran logam, zat warna atau polutan industri lainnya, mungkin menunjukkan warna yang berbeda dengan warna kuning-coklat alami. Tes ini mungkin tidak cocok untuk sampel jenis ini.

Tidak ada komentar: