Minggu, 09 Februari 2020

Pemeriksaan Nitrat dengan SANITARIAN KIT


PENGUKURAN SAMPEL NITRAT/ NITRATE (S3435.191)
Range : 0 - 600 mg/l (Phot 23)
                                                               
Pengujian Nitrat di dalam air alami, air minum dan air buangan.
Nitrat secara normal ada dalam air alami, air minum dan air buangan. Nitrat yang memasuki sumber air berasal dari busukan tumbuhan, penggunaan pupuk kimia pada pertanian modern dan dari oksidasi senyawa nitrogen buangan rumah tangga dan industri.
Nitrat merupakan pengujian kontrol yang penting bagi sumber air.  Air minum yang mengandung Nitrat berlebihan dapat menyebabkan methemoglobinemia pada bayi yang disusui botol (blue babies).  Kementerian Kesehatan menetapkan kadar maksimum Nitrat sebesar 50 mg/l NO3 dalam air minum.

Metode :
Pada Metode Nitratest, Nitrat terlebih dahulu direduksi menjadi Nitrit, Nitrit yang dihasilkan kemudian mengalami reaksi diazonium membentuk warna kemerahan.
Reduksi Nitrat dilakukan menggunakan serbuk Nitratest berdasar Seng yang unik, dan tablet Nitratest yang membantu pembentukan flokulasi secara cepat setelah berkontak selama satu menit. Pengujian berlangsung di dalam tabung Nitratest khusus wadah sampel berpengukuran dengan ujung meruncing untuk memudahkan penempatan dan dekantasi sampel.
Nitrit yang dihasilkan dari tahapan reduksi, ditetapkan melalui reaksi dengan Asam Sulfanilat dengan keberadaan N-(1-naftil)-etilen diamin membentuk warna kemerahan. Reagen-reagen yang disajikan dalam bentuk tablet tunggal Nitricol ditambahkan ke dalam larutan yang akan diuji.
Intensitas warna yang dihasilkan dari pengujian berbanding lurus dengan kadar Nitrat dan diukur menggunakan Photometer .
Nitrate (Nitratest) : Nitrat (NO3); adanya nitrat yang tidak berlebihan dalam air pada umumnya tidak akan menyebabkan gangguan yang serius pada orang dewasa, namun untuk bayi sangat berbahaya.Gejalanya dapat terlihat yaitu kulit bayi kelihatan kebiru-biruan. Hal ini disebabkan karena tubuh bayi kekurangan oksigen, yang diakibatkan karena adanya nitrat yang berasal dari air sumur untuk membuat air susu bayi itu. Gangguan itu disebabkan oleh nitrat dalam usus bayi tereduksi menjadi nitrat dan masuk ke aliran darah. Butir-butir darah merah yaitu haemoglobin bereaksi dengan nitrat sehingga menjadi methaeglobin. Seperti diketahui bahwa butir-butir darah merah itu adalah sebagai pembawa oksigen dalam bentuk oksigen haemoglobin dari jantung ke jaringan-jaringan tubuh. Tetapi karena haemoglobin telah menjadi methaeglobin sehingga menyebabkan darah tidak mampu lagi untuk membawa oksigen yang diperlukan oleh jaringan-jaringan tubuh. Nitrat banyak dipergunakan untuk pengawetan daging. Selain itu dipergunakan pula di pabrik korek atau kembang api, zat-zat warna (pencelup naptol), keramik, dll.

Alat dan Bahan :
1.    Siapkan Alat Photometer Inscienpro ZE-200
2.    Siapkan reagent Nitratest Powder (Spoon Pack
3.    Siapkan Tablet Nitratest
4.    Siapkan Tablet Nitracol
5.    Tabung reaksi 20 ml
6.    Tabung reaksi 10 ml

Prosedur Pengujian
1.    Ambil sampel dengan menggunakan suntikkan (Syringe) sampai batas x30 atau sebanyak 3.3 ml
2.    Siapkan tabung delution. Masukkan sampel dari syringe ketabung delution, tambahkan Aquadest sampat batas atas x1 Masukkan sample sebanyak 20 ml kedalam tabung reaksi 20 ml.
3.    Tambahkan 1 spoonful dari Nitratest Powder dan tambahkan 1 Reagent Nitrates tablet. Jangan dihancurkan untuk reagent Nitrates tablet, kemudian tutup tabung reaksinya dan kocok hingga mencair selama 1 atau 3  menit. Dan diamkan selama 2 menit
4.    Masukkan 10 ml sampel ke dalam tabung reaksi dan tambahkan reagent Bitracol tablet, hancurkan terlebih dahulu.
5.    Diamkan 10 menit untuk perubahan warna.
6.    Nyalakan Photometer ZE-200, dan pilih [Phot 23]. Masukan angka X30 pada pengenceran kemudian tekan tombol [OK], Jika pada layar LCD Photometer ZE-200 muncul dialog [Masukan Blanko].
7.    Masukkan Blangko yang berwarna jernih, kemudian letakkan pada tube Photometer ZE-200 untuk melakukan blanking.
8.    Letakkan sampel yang tercampur dengan reagent tersebut kedalam tube Photometer ZE-200, tutup tempat kuvet dengan menggunakan penutup photometer lalu tekan tombol [OK] untuk memulai pembacaanya.
9.    Layar LCD photometer akan menampilakan hasilnya mg/l N.
10. Catat hasil untuk mendapatkan data pengukuran.

Catatan :
Untuk mengkonversi mg/l N ke mg/lNO3 kalikan hasil dengan 4,4.
Kadar Nitrat lebih besar dari 1,0 mg/l ditetapkan dengan mengencerkan sampel asli dengan air deionisasi. Untuk mendapatkan rentang pengukuran 0 – 88 mg/l NO3 lakukan pengenceran sebagai berikut:
Ambil tabung Nitratest. Tambahkan sampel sebanyak 1 ml menggunakan pipet atau penetes berpengukuran. Isilah tabung Nitratest hingga tanda batas 20 ml dengan air deionisasi.  Lanjutkan prosedur pengujian pada langkah no. 2 sampai dengan 9 di atas. Kalikan hasil pembacaan dengan 20 untuk mendapatkan kadar Nitrat dalam sampel asli.

Koreksi Nitrit :
Metode Nitratest juga akan mengukur Nitrit yang ada dalam sampel.  Pada kebanyakan air alami dan air minum jumlah Nitrit kecil dibandingkan dengan kadar Nitrat.  Jika diperlukan koreksi Nitrit, tetapkan kadar Nitrit (sebagai mg/l N) dengan cara Nitrit (Nitricol) (lihat PHOT.24.) dan kurangi dari kadar Nitrat (sebagai mg/l N) prosedur Nitratest.

1 komentar:

Marsya mengatakan...

Izin promo ya Admin^^

Bosan gak tau mau ngapain, ayo buruan gabung dengan kami
minimal deposit dan withdraw nya hanya 15 ribu rupiah ya :D
Kami Juga Menerima Deposit Via Pulsa
- Telkomsel
- XL axiata
- OVO
- DANA
segera DAFTAR di WWW.AJOKARTU.COMPANY ....:)