Minggu, 09 Februari 2020

Pemeriksaan Nitrit dengan SANITARIAN KIT

PENGUKURAN SAMPEL NITRIT (NITRICOL) (S3435.201)
Range : 0 - 96 mg/l (Phot 24)
                                                               
Pengujian Nitrit di dalam air alami, air minum dan air buangan.
Nitrit ditemukan di dalam air alami sebagai produk intermediari siklus nitrogen. Nitrit bersifat racun bagi ikan dan kehidupan air lain, karena itu pada perternakan ikan dan akuarium kadar Nitrit harus selalu dipantau.  Pengujian Nitrit juga digunakan sebagai kontrol polusi air buangan, dan untuk memantau kualitas air minum.

Metode :
Nitrit dalam larutan asam akan bereaksi dengan Asaam Sulfanilat.  Hasil reaksinya senyawa diazo yang bergabung dengan N-(1-naftil)-etilen diamin membentuk warna kemerahan.  Metode Nitricol menggunakan reagen tablet tunggal yang mengandung kedua reagen tersebut dalam formulasi asam.  Pengujian dilakukan dengan menambahkan tablet ke dalam air yang akan diuji.
Intensitas warna yang dihasilkan dalam pengujian sebanding dengan kadar Nitrit dan dapat diukur menggunakan Photometer .
Nitrite (Nitricol) : nitrit (NO2-) adalah ion-ion anorganik alami, yang merupakan bagian dari siklus nitrogen. Aktifitas mikroba di tanah atau air menguraikan sampah yang mengandung nitrogen organik pertama-pertama menjadi ammonia, kemudian dioksidasikan menjadi nitrit dan nitrat. Oleh karena nitrit dapat dengan mudah dioksidasikan menjadi nitrat, maka nitrat adalah senyawa yang paling sering ditemukan di dalam air bawah tanah maupun air yang terdapat di permukaan. Pencemaran oleh pupuk nitrogen, termasuk ammonia anhidrat seperti juga sampah organik hewan maupun manusia, dapat meningkatkan kadar nitrat di dalam air. Senyawa yang mengandung nitrat di dalam tanah biasanya larut dan dengan mudah bermigrasi dengan air bawah tanah.1

Alat dan Bahan :
1.       Siapkan Alat Photometer Inscienpro ZE-200
2.       Siapkan Tablet Nitricol.
3.       Tabung reaksi 10 ml (PT 595)



Alat dan Bahan
1.       Ambil sampel dengan menggunakan suntikkan (Syringe) sampai batas x62 atau sebanyak 1.6 ml
2.       Siapkan tabung delution. Masukkan sampel dari syringe ketabung delution, tambahkan Aquadest sampat batas atas x1
3.       Masukkan sampel yang sudah diencerkan sebanyak 10 ml, kedalam tabung reaksi 10 ml.
4.       Masukkan sample sebanyak 10 kedalam tabung reaksi 10 ml.
5.       Tambahkan 1 Reagent Nitricol Tablet. Hancurkan dan aduk hingga larut.
6.       Tunggu selama 10 menit untuk mendapatkan perubahan warna.
7.       Nyalakan Photometer ZE-200, dan pilih [Phot 24]. Masukan angka X 62 pada pengenceran Kemudian tutup tempat kuvet dengan menggunakan penutup photometer, agar tidak terpapar langusung sinar matahari, lalu tekan tombol [OK], Jika pada layar LCD Photometer ZE-200 muncul dialog [Masukan Blanko].
8.       Masukkan Blangko yang berwarna jernih (Dapat Sample / Cairan Aquades/AquaBdes), kemudian letakkan pada tube Photometer ZE-200 untuk melakukan blanking, setelah proses blanking berhasil, lakukan pengujian sample.
9.       Letakkan sampel yang tercampur dengan reagent tersebut kedalam tube Photometer ZE-200, lalu tutup dengan penutup photometer, jika telah di diletakkan maka tekan tombol [OK] untuk memulai pembacaanya.
10.   Layar LCD photometer akan menampilakan hasilnya mg/l N dan mg/l NO2.
11.   Catat hasil untuk mendapatkan data pengukuran.













1 komentar:

Marsya mengatakan...

Izin promo ya Admin^^

Bosan gak tau mau ngapain, ayo buruan gabung dengan kami
minimal deposit dan withdraw nya hanya 15 ribu rupiah ya :D
Kami Juga Menerima Deposit Via Pulsa
- Telkomsel
- XL axiata
- OVO
- DANA
segera DAFTAR di WWW.AJOKARTU.COMPANY ....:)