Senin, 30 November 2015

Reduksi Radiasi Non Pengion EMF Menggunakan Orgonite


Riset Sugeng Abdullah (2015) menunjukanRadiasi EMF pada sumber radiasi yang tidak dipasang orgonite generator  berkisar antara 77  s/d  1.239 mW/Cm2 , sedangkan  radiasi EMF pada sumber radiasi yang dipasang orgonite generator berkisar antara  14  s/d  993 mW/Cm2 atau  0.0057596 s/d  0.2042601 mT tergantung jenis alat rumah tangganya. Reduksi radiasi elektromagnetik (EMF)  sebesar rata-rata  42,7 % . 
Blender yang memancarkan radiasi EMF tertinggi (0.2548623 mT) ternyata memiliki radiasi EMF yang sudah melampaui batas aman, jika dianggap paparan radiasi EMF tersebut mengenai anggota tubuh dan seluruh tubuh. Radiasi EMF dari blender sudah melampaui ambang batas ketentuan  Permennakertrans No.13/MEN/X/2011 yakni  0,2 mT. Setelah blender dipasang orgonite ternyata ada reduksi radiasi EMF menjadi   0.1960321 mT.   Peralatan rumah tangga yang diukur dalam penelitian  ini setelah dipasang orgonite semua menunjukan penurunan radiasi EMF hingga dibawah ambang batas 0,2 mT. Artinya  peralatan listrik tersebut menjadi aman untuk dipakai. Orgonite bermanfaat untuk mereduksi radiasi EMF.

Bila dibandingkan dengan ketentuan dari  WHO dan IRPA, maka peralatan rumah tangga yang diukur dalam penelitian tersebut, setelah dipasang orgonite  menujukan hal yang sama, yakni paparan radiasi EMF / medan magnet  pada jarak terdekat (3 cm) termasuk kategori aman. 
Fakta ini berbeda dengan penelitian Deni (2015) yang melaporkan bahwa pada peralatan yang sama dan dipasang orgonite menunjukan  reduksi radiasi EMF yang sangat kecil, bahkan beberapa diantaranya  mengalami peningkatan radiasi EMF. Gejala yang sama juga dijumpai oleh penulis yakni pada pengukuran radiasi EMF  HP, sebagaimana ditunjukan pada tabel 1, yang oleh penulis dianggap sebagai anomaly.  Gejala reduksi atau sebaliknya,  peningkatan radiasi EMF oleh adanya orgonite, penulis menduga bahwa orgonite layaknya sebuah komponen elektronik resistor atau kondensator keramik.
Resistor atau kondensator keramik memiliki kinerja yang berbeda karena  komponen dan karakteristik material penyusun yang berbeda. Hal yang sama berlaku juga bagi orgonite. Komposisi dan jenis serbuk logam yang berbeda serta  penggunaan jenis, komposisi atau jumlah batu kristal yang berbeda pada pembuatan orgonite, diduga akan memberikan efek yang berbeda. Berdasarkan  alasan  ini, maka perlu dilakukan penelitian  lebih lanjut mengenai efek reduksi radiasi EMF orgonite dengan komposisi dan jenis material penyusunnya.
Dalam percobaan yg dilakukan, Orgonite secara meyakinkan  menunjukan bahwa penggunaan orgonite dapat mereduksi radiasi EMF sebesar 42.7 %, maka setiap beraktifitas  dengan sumber radiasi EMF disarankan untuk memasang/meletakkan orgonite didekatnya.  Pemasangan orgonite dapat ikut memberikan kontribusi mengurangi gangguan kesehatan akibat radasi EMF. Telah diketahui ada beberapa orang yang sangat sensitive terhadap EMF ( Electromagnetic Hypersensitivity) merasakan manfaat pengunaan orgonite (Angela Hobbs, 2012).
Penggunaan orgonite untuk mereduksi radiasi EMF sebagai upaya mengurangi atau menghilangkan gangguan kesehatan memang masih memunculkan banyak perdebatan (Jim Waugh, 2010).  Dikatakan bahwa beberapa percobaan yang  dilakukan menunjukan tidak adanya penurunan atau reduksi radiasi EMF pada penggunaan orgonite, tetapi para pengguna orgonite secara subjektif mengaku ada sensasi perubahan kondisi kebugarannya.  Neil (2013) menyatakan bahwa  batu kristal (dalam orgonite)  sama sekali tidak dapat mencegah radiasi EMF atau dirty electricity, tetapi barangkali batu kristal itu membantu harmonisasi energy dalam tubuh pengguna, kendatipun sangat sedikit.
Terlepas dari pro dan kontra penggunaan orgonite untuk mereduksi radiasi EMF,  penggunaan orgonite tetap akan memberikan manfaat. Orgonite dengan komposisi kristal batu mulia dan kombinasi logam emas  dengan disain menawan dan mewah, sekarang banyak ditawarkan di toko-toko online dengan harga yang mahal. Ini artinya  merupakan produk (seni) yang banyak peminat dan tentu memberikan manfaat bagi penggunanya

Tidak ada komentar: