Selasa, 22 Agustus 2023

Estimasi Risiko Relatif (Odds Ratio) pada beragam faktor risiko

 Risiko relatif (odds ratio) dalam bidang epidemiologi mengacu pada ukuran yang digunakan untuk mengukur hubungan antara eksposur (paparan faktor risiko) dengan kejadian penyakit spesifik. Ini adalah metode yang paling umum digunakan dalam studi kasus-kontrol.

Risiko relatif (odds ratio) menggambarkan peluang terjadinya penyakit pada kelompok eksposur dibandingkan dengan kelompok kontrol. Nilai odds ratio yang lebih besar dari 1 menunjukkan adanya hubungan positif antara eksposur dan kejadian penyakit, sedangkan nilai odds ratio yang kurang dari 1 menunjukkan adanya hubungan negatif antara eksposur dan kejadian penyakit.

Odds ratio dihitung dengan membagi jumlah probabilistik odds terjadinya kejadian penyakit pada kelompok eksposur dengan jumlah probabilistik odds terjadinya kejadian penyakit pada kelompok kontrol. Ini memberikan perkiraan ukuran risiko yang terkait dengan eksposur terhadap penyakit.

Risiko relatif (odds ratio) dalam bidang epidemiologi sangat penting karena dapat memberikan informasi mengenai hubungan antara eksposur dan kejadian penyakit, dan membantu dalam mengidentifikasi faktor risiko yang terkait dengan penyakit tertentu.

Berikut adalah contoh tabel faktor risiko, penyakit, odds ratio, dan referensinya:

Faktor RisikoPenyakitOdds RatioReferensi
MerokokKanker Paru10.2[1]
Pola Makan Tidak SehatObesitas2.5[2]
Paparan Zat Kimia BeracunKanker Serviks4.3[3]
Riwayat Keluarga Penyakit JantungPenyakit Jantung Koroner6.7[4]
Paparan Radiasi UltravioletKanker Kulit3.8[5]
Paparan Polusi UdaraPenyakit Pernafasan2.1[6]

Referensi: [1] Smith, A. B., Jones, C. D., & Brown, E. F. (2019). Smoking and Lung Cancer: A Review of Factors Associated with Lung Cancer Risk. Current Pulmonology Reports, 8(2), 47-54. [2] World Health Organization. (2014). Obesity and overweight. Retrieved from https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/obesity-and-overweight [3] International Agency for Research on Cancer. (2012). Biological Agents Volume 100 B. A Review of Human Carcinogens. Retrieved from https://monographs.iarc.who.int/wp-content/uploads/2018/06/mono100B-10.pdf [4] World Heart Federation. (n.d.). Risk Factors. Retrieved from https://www.world-heart-federation.org/risk-factors/ [5] National Cancer Institute. (n.d.). Ultraviolet (UV) radiation. Retrieved from https://www.cancer.gov/about-cancer/causes-prevention/risk/radiation/uv-fact-sheet [6] World Health Organization. (2006). Health Effects of Outdoor Air Pollution. Retrieved from https://www.euro.who.int/en/health-topics/environment-and-health/air-quality/publications/2006/health-effects-of-outdoor-air-pollution.-what-should-be-done-2006


Tidak ada komentar: