Selasa, 03 Juni 2008

Kebutuhan Tenaga Kesehatan Lingkungan di Indonesia

Data di Departemen Kesehatan RI, kebutuhan tenaga kesehatan lingkungan (Sanitarian) pada tahun 2010 adalah 23.594 orang, diantaranya sebagai penopang suksesnya desa SIAGA. Sementara jumlah Sanitarian yang telah ada pada tahun 2006 sebanyak 18.994 orang, sehingga sampai dengan tahun 2010 masih dibutuhkan Sanitarian sebanyak 5.000 an orang.

Kebutuhan Sanitarian sebanyak itu akan disuply dari institusi pendidikan mana saja? yang sudah pasti, akan di pasok dari Program Diploma III Kesehatan Lingkungan yang ada di Politeknik Kesehatan milik Depkes. Salah satunya adalah D.III Kesehatan Lingkungan Purwokerto, Poltekkes Depkes Semarang.

Ironisnya, kekurangan tenaga kesehatan lingkungan sebanyak itu, tidak diikuti oleh minat masyarakat (lulusan SMA / MA). Masyarakat lebih memilih program studi Kebidanan dan keperawatan (yang nota bene, sudah sangat banyak). Akibatnya institusi pendidikan D.III Kesehatan Lingkungan, "hanya" menerima calon mahasiswa dengan jumlah pas-pasan, sehingga nyaris tidak ada persaingan dalam perebutan kursi kuliah. Lebih lanjut, mutu calon mahasiswa juga kurang memadai.

Ini PR untuk pengelola D.III Kesehatan Lingkungan, dan tentu saja juga bagi pemerintah, dalam hal ini Departemen Kesehatan, -- untuk bisa meningkatkan pamor Kesehatan Lingkungan. Bukankah tahun 2008 sebagai Tahun Sanitasi Internasional, Tahun Kesehatan Lingkungan!.

Momen 100 th kebangkitan nasional rasanya tidak memberi daya ungkit bagi bangkitnya tenaga kesehatan lingkungan (Sanitarian) yang pernah "Jaya" ditahun 70 - 80an. Padahal problem lingkungan semakin menggila. penyakit berbasis lingkungan "bangkit kembali" sebut saja Malaria, Demam Berdarah, Flu Burung, dll.

Indonesia Bisa! Sanitarian Bisa?

2 komentar:

Sanitarian Indonesia mengatakan...

Bagi yang sudah baca Indikator Indonesia Sehat 2010, rasanya kebutuhan tenaga sanitarian memang kira-kira begitu. Lalu siapa yang akan mendayagunakannya? pemerintah? depkes? swasta? mandiri?
ah, yang bener yang mana?

faufauzia mengatakan...

betul pak..
kebetulan saya baru masuk peminatan kesehatan lingkungan program s1 kesehatan masyarakat..
bisa diceritakan ttg pengalaman bapak dari kuliah, magang dimana dan apa penelitian yang bapak kerjakan sebagai tugas akhir?
trims